Home > Indahnya Mimpiku, Yang Datang dan Yang Pergi > Cerita Tentang Studiku

Cerita Tentang Studiku

Bagiku, kuliah semester tiga di jurusan S1 Swadaya Ilkomp UGM kali ini adalah perjuangan yang cukup berat. Biasanya kalo teman-teman yang laen sudah pada menyelesaikan beberapa matakuliah wajib dan penting, tapi diriku masih sibuk dengan Proyek Khusus dan Praktikum Jarkomp. Aku mengulang untuk kedua matakuliah ini.

semangat mengerjakan skripsi!!

semangat mengerjakan skripsi!!

Proyek khusus, kuulang karena semester kemaren (semester 2), pas saat aku ingin bersungguh-sungguh mengerjakannya, eh, musibah datang. Aku terkena hepatitis A. Aku pun cuma bisa bed-rest selama 3 mingguan di kosan plus bolak-balik rawat jalan..😦

Sekedar pembaca tahu, matakuliah ini mengharuskan mahasiswa membuat suatu proyek yang nantinya dilaporkan dalam bentuk skripsi-mini. Kalo praktikum jarkomp, aku memang mendapatkan nilai C, so, matkul ini sudah jauh hari ku ingin ikuti lagi.

Yap, dengan beban 24 SKS (sudah termasuk skripsi, skripsi-mini, matkul wajib, matkul pilihan), aku harus punya tekad dan harus punya semangat kuat agar dapat menyelesaikan studi ini sebaik mungkin.

“Kau sudah kelamaan di MIPA UGM, kawan!! Cepatlah kau keluar!” Itu salah satu joke temanku yang iseng!”:D

Kalo ingat semangat studi itu, aku malah teringat bagaimana perjuanganku sekitar dua tahun lalu, ketika aku berusaha menyelesaikan TA D3..

Inilah ceritanya (dikopas dari blog friendster, 28 agustus 2006) :

Huaa……..
Hidup Adalah Perjuangan (minjem judul lagunya DEWA di album bintang 5)
This is the most struggling day from me..

*Jumat 25 agustus 2006 00:00-04:30
Gua ngerjain keseluruhan BAB TA. Dari ngedit, nambahin, ampe mikir mo kayak apa nih intisari??😦 butuh waktu bgt mikirnya…
Si Fachry kemarennya dah mulai bersih-bersih dia punya kamar. Soale dia mo pindahan ke kos baru di gejayan. Karena gak punya tempat tidur lagi alias gak punya kasur, yahh jadi terpaksa noh nglonjor di kamarku. Asik juga sambil ngerjain neh TA sambil ngobrol2 berkelas ala 9C hehehehe….
*07:30-10.00
Upss, ampir tidur keblabasan. untung aja bisa bangun pagi soale masih banyak yg perlu diedit neehh. apalagi ngeprintnya, 191 halaman.. tuennggg.. kayak ada yang mukulin tong deket telinga. gua gak nyangka bisa sebanyak itu. moga aja printer ku kuat.
Alhamdulillah kelar juga ngeditnya. di selingi ke burjo ama fahry. yah lumayan buat refreshing hari ini yg cuma tidur 3 jam gini. kepala dah mulai pening, badan dah mulai meriang2 tapi untung ditolong ketawa gila-gilaan khas ustadz solo ki Ai, segelas teh anget, semangkuk intel rebus. hehehe..
*10.00-11.30
Dosen pembibing bilang minta ketemu jam 11.30 ato 12.30. gua minta jam 12.30 aje. dia ada nguji jam 13.00. hmm pikir gua, musti ngebut neh..
Sholat jumat dlu nih. untung print TA-nya dah kelar sebelum brkt masjid. gua bersyukur bgt.
*12.30-13.15
Rame bgt parkiran motor di maskamp, gua keluar duluan malah diduluanin ma Ajay yg kebetulan ketemunya pas di parkiran. padahal keluar belakangan. Hokiie bgt dia neh..
Macet mang…
Di Kampus.. bertemu Ibu Anny (Anny Kartika Sari, dosen pembimbing-red)
“Kok judulnya sistem layanan aplikasi…?? diganti aja ya. Bab 1,2, dan 5 juga direvisi dikit ya..”
Kayak ada yang nyiramin gua seember air es neh, waduh, gua niatnya mao daftar ujian pas siang itu juga eh, malah bisa gak jadi gara-gara revisi di waktu sesempit ini. setelah berbagai nego harga eh… nego revisi, akhirnya dia mau juga acc asalkan di revisi setelah itu.
Alhamdulillah..
13.15-15.30
Sempat ketemu mas Taufik (kakak angkatan D3 dulu-red), dia lagi cariin Pak djum (sekretariat D3 Komsi) untuk daftar ujian, eh malah dia pergi ke bantul, gak tau ngapain. akhirnya gua ketemu mbak retno. minta formulir tuh trus kita ngebut balik ke kos buat revisi gila-gila2an..!! ganti judul sama aja dengan ganti halaman yang memuat tuh teks tuh judul. baru kali ini gua ngetik sepuluh jari ala pijet refleksi. cepet bgt bro..
15.30-16.00
akhir dari perjuangan hari ini, gua balik ke kampus lagi. untung Bu Anny blum balik nih. gua minta lagi di-acc ulang setelah ganti judul. tapi hari ini ga jadi daftar ujian soale, sekretariat dah tutup. lesu bgt..
ya udah deh,kita lanjutin senin aja daftarnya sambil copy TA menjadi tiga berkas…

Ngutip pernyataan Pak Didik, bapak kosanku :
“Sekolah itu memang perjuangan”
Yup, itulah susehnya sekolah. intinya adalah perjuangan untuk tetap berjuang.

gambar tumpukan buku skripsi di atas diambil di sini!

* Siapkah anda untuk itu, kawan?🙂

  1. Amel
    September 19, 2008 at 4:59 pm

    Hayyoh.. Jia you!

    Semangaaaaaatt!

    Tidakkah kw ingin menyusul kesuksesan suamimu Ngga?? *puoook, sambil misuh2, eiits aq dah lari terbirit2, kagak kena:mrgreen:

  2. Amel
    September 19, 2008 at 5:01 pm

    Jahahaha.. KeduaX👿

    oi ngga, man mudik jgn lupo oleh2 bwt kakakmu ini, mampir jkt kan? *bletaak😆

  3. Amel
    September 19, 2008 at 5:07 pm

    Jreng jreng jreng.. *numpang ngamen pak, numpang ngamen bu:mrgreen:

    “cukuplah kusimpan semua ceritaku yg dulu, tentangku,tentang apapun yg membuatku tiada berarti, d persimpangan aq berdiri membisu, hrs kuputuskan kemanakah ku melangkah”
    :mrgreen:

  4. Amel
    September 19, 2008 at 5:15 pm

    Huahahaha..

    Nyamfah mode on *bug bug bug.. Ditimpuk krn dah bosen disamfahin..👿

    dare to revenge? Hahaha😆

  5. Amel
    September 19, 2008 at 5:28 pm

    Duh,bc pengalaman wkt TA D3 mu, aq jd teringat wkt dl jg..

    Sama..Penuh perjuangan, kesana kemari, hujan gede ala bogor pun tak dianggap je, hajar aj bemotor demi menemui pembimbing, tak taunya sampe kampus darmaga,dosenku dah ga ad😥

    hiks2x.. *jaaah mellow meneh😛

  6. Amel
    September 19, 2008 at 5:30 pm

    Berhitung mulai!

    Keenam

    berhitung slesai!

    C U on next post😀

  7. Amel
    September 19, 2008 at 5:33 pm

    Eh sik sik Ngga, Siap buat ap Nee?:mrgreen:

    yah, doakan sj ya😀 *tuing tuing meloncat pergi tutup jendela browser😀

  8. September 20, 2008 at 2:23 pm

    iya e tuw, blom ditambah sama tugas-tugas kuliah yang numpuk, memang harus sabar dan tabah menjalaninya hehehe

  9. September 21, 2008 at 6:22 am

    wuih.. jadi merinding euy baca perjuangan skripsinya….
    pokoknya harus semangat, jalanin skripsi!!!! Bantai Skripsi!!!!😛

  10. September 21, 2008 at 3:45 pm

    Sukses nyak?

  11. September 23, 2008 at 6:31 am

    Seeep… seeeep… ngga rugilah punya temen bermental baja…😀

  12. September 24, 2008 at 4:27 am

    @Amel
    hehe.. hayooo, posting blognyo dipercepat,kak! nanti kusamfahin.😛
    * misuh-misuh gak karuan😀

    @nyamukbingung
    yap, itulah kuliah saya di semester ini. blom lagi tugas-tugas manajemen proyek. mukee gileee.. proyek pertama blom kelar, eh, udah keluar perintah proyek kedua.
    tapi tetap semangaaatt!😀

    * btw, kabar pak supri piye,boi? programnya mo kubuat jadi proyek khususku ajah.😛

    @geknana
    hehehe.. iyaa,na. bantai skripsi!! dirimu juga sedang skripsi kan?

    @junthit
    wah, dah lama tidak berkunjung mas junthit? hehe.. selamat kembali ke dunia maya,mas.😀
    trims, udah didoain😀

    @amru
    hehe.. harus bermental baja ru, kalo nggak gak bakalan seperti cerita nya..😛
    dirimu juga harus dunk!😀

  13. October 4, 2008 at 12:30 am

    semangat djhon… smoga cepet rampung urusan dunia akhiratnya..🙂

  14. October 9, 2008 at 10:00 am

    @fahmi
    yappp!!! semangaaatt!!😀

  15. October 14, 2008 at 2:52 am

    Wah, masih kuliah rupanya. Di UGM? Kalau begitu satu almamater dong kita. Hanya saja saya sudah lulus 6 tahun lalu. Semoga sukses deh….

    Oh ya, selamat bergabung di milis Blogger Bengkulu.

  16. October 16, 2008 at 4:49 am

    @herman
    yoi, kak. wah alumni juga neh ceritanya. emang kemaren kuliah di jurusan apa kak?

    btw, thanks buat kunjungannya.😀

  17. October 21, 2008 at 3:04 am

    Dulu aku kuliah di Fisipol.

    Ternyata, SMA/SMU pun kita satu almamater. Sempitnya dunia….🙂

  18. November 9, 2009 at 12:37 am

    Kunjungan pagi. Lihat-lihat blog keren nyasar di postingan ini. Ketemu gambar bagus dan mohon izin untuk ngopy. Makasih sebelumnya.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: