Home > 22 vs 1 bola, Filsafat, Hot News! > Euro 2008 : Expect Emotions?? Apanya??

Euro 2008 : Expect Emotions?? Apanya??

Euro 2008 Logo

Sepakbola sebagai salah satu olahraga permainan terpopuler di dunia saat ini sedang merayakan pesta terbesar keduanya setelah piala dunia 2006. Yap, Euro 2008 yang dalam bahasa indonesianya, Piala Eropa 2008, menjadi penerus “kejayaan” perhelatan sepakbola Eropa setelah Final Liga Champions Mei kemaren.

Swiss dan Austria yang ditunjuk sebagai tuan rumah mampu menunjukkan betapa modern dan istimewanya negara mereka. Pelayanan yang optimal bagi media-media peliput (kabarnya, internet disediakan di stadion, gratis bagi para wartawan baik itu jaringan kabel maupun wireless), kesigapan aparat keamanan, tersedianya fanzone di sekitar stadion, serta kesiapan kota-kota penyelenggara dalam hal akomodasi dan penginapan membuat para turis sepakbola dari berbagai belahan dunia merasa sangat nyaman.

Namun, tetap saja ada yang kurang dari Piala Eropa edisi ke 13 kali ini. Yup, Euro kali ini tidak terlalu mendapat sambutan yang begitu meriah dari masyarakat tuan rumah sendiri. Tidak seperti Piala Dunia 2006 Jerman yang sukses membangun kemeriahan di dalam maupun luar stadion dengan konsep fanzone-nya, masyarakat Swiss dan Austria lebih tertarik pada bagaimana mengenalkan negaranya kepada dunia lewat berbagai budaya dan seni mereka. Ini terlihat dari berbagai acara-acara seni, atraksi budaya, serta peninggalan sejarah yang dilangsungkan selama Piala Eropa. Walaupun panitia Euro kali ini telah meniru kesuksesan Jerman 2006 dengan membuat fanzone, namun hasil usaha mereka tidak sedahsyat dua tahun lalu.

Jika Anda berpikir hal itu merupakan efek dari prestasi timnas mereka yang biasa-biasa saja? Ya, Benar! Swiss dan Austria masih dipandang tim kelas dua di daratan Eropa. Prestasi terkini Swiss paling banter adalah melaju ke 16 besar piala dunia 2006 kemaren. Austria?? Jangan tanya kejayaan Austria yang pernah melahirkan nama besar macam Anthony Polster dulu. Dalam dua piala dunia (2002,2006) dan dua piala eropa terakhir (2000,2004), Austria tidak pernah lolos ke putaran final. Jangan-jangan jika Austria bukan tuan rumah, Wunderteam – julukan timnas Austria – tidak akan bermain di Euro kali ini! Di bursa taruhan pun kedua negara ditempatkan pada posisi lemah.

Tapi, mengapa fans mereka tidak seperti para suporter Indonesia yang walaupun prestasi timnasnya cenderung jelek, tapi mereka begitu antusias mendukung bahkan timbul rasa nasionalisme saat Piala Asia 2007 lalu. Budaya sepakbola! Hal itu lah yang membedakan negara kita dengan Swiss dan Austria. Layaknya Brazil, di negeri kita ini, hampir di setiap sudut kampung-kampung selalu ada anak-anak bergembira bermain sepakbola. Lalu Swiss dan Austria?? Tidak ada! Sehingga walaupun sistem pembinaan sepakbola negara yang terletak di kaki pegunungan Alpen ini lebih bagus, mereka tidak dapat memungkiri fakta bahwa sepakbola adalah olahraga nomor kesekian bagi masyarakatnya. Sepakbola ada di bawah olahraga musim dingin macam ski es atau hoki es. Kok bisa?? Lha Iya! Juara dunia ski es-nya aja orang Austria.

So, jangan harap ada tawa dan tangis bahagia dari para pemain maupun fans tim tuan rumah. Barangkali yang ada hanyalah ratapan tangis kekalahan mereka di babak-babak awal Euro 2008.

  1. alter-Udjo
    June 16, 2008 at 1:08 pm

    update euy!!
    PORTUGAL kalah 2-0 sama SWISS!!!

    yup portugal yang ada CR7 nya itu!!
    yang digadang-gadang jadi calon kuat juara Euro 08 ini

    mungkin “emotions” yang diharapkan oleh salahsatu tuanrumah Euro saat ini baru didapat pas akhir2…

    tapi bukannya malah klimaks enak tuh..hehe

    wah bung, coba aja ya Euro nya diselenggarain di Indonesia.. stadion n fanzone pasti penuh terus yah…

    (ngimpiiiiiiiiiiiii kecuali Indonesia dah jadi anggota UniEropa.. kapan?? ahhh lanjutin aja ngimpiiiiiiii lagiiiiiiiiiiii)
    😉

    Idup Italy lah pokona mah

  2. June 16, 2008 at 2:50 pm

    @alter-Udjo
    di sini yang dibahas adalah “emotions” nya dari para fans dan masyarakat tuan rumah. sepertinya mereka tidak terlalu peduli dengan Euro 2008.

    * Italiaa??? tampaknya hanya ada sad emotions dari para fansnya😀

    peace…😀

  3. June 16, 2008 at 3:57 pm

    Budaya Sepakbola??
    Piala Asia kemarin kok aku ndak ketularan ya mas??
    apa aku belum cukup nasionalis??😦

    btw, namaku di blogroll kebalik tuh mas
    ayo tebak, yang bener siapa ;P

  4. June 16, 2008 at 4:10 pm

    budaya sepakbola di Austria-Swiss emang payah..beberapa waktu lalu bahkan ada penandatanganan petisi oleh 10.000 warga Austria yang menuntut timnas mereka mundur saja dari Euro daripada bikin malu

    Baah..nempe kali lah negara-negara itu..mereka kehilangan salah satu ‘nikmat dunia’ yaitu sepakbola..!!!

    bersyukurlah para penggila bola, Tuhan telah memberimu salah satu ‘nikmat dunia’ yang paling nikmat..selain buah duren tentunya😛

  5. amaliasolicha
    June 17, 2008 at 2:03 pm

    eh, austria itu katanya indah lhoh,… pengen kesana je tp entah kapan:mrgreen:

    *tweeeweewew komennya ndak nyambung *Kaburr😀

  6. amaliasolicha
    June 17, 2008 at 2:04 pm

    *balikk lagi

    hehe…aku ga tlalu merasakan emotion nya, scara..

    Pertamah, Inggris ga masuk😦 , dah malees duluan deyh, soale ga dukung yang laen😀
    Keduah, mene sempet gue nontonnye, secare ad yg lebih urgen, prioritas mah klo bahasamu kmrn (caelah)😛

  7. amaliasolicha
    June 17, 2008 at 2:06 pm

    @ nyamukbingung

    lhah klo aku juga penggila bola Ri, “bola takraw”:mrgreen:

  8. amaliasolicha
    June 17, 2008 at 2:24 pm

    Payo Ngga.. man sakit tu istirahat baee… jangan chat bae… gek dakpacak dateng kamis👿

  9. amaliasolicha
    June 17, 2008 at 2:26 pm

    *entah.. gueh…lagih..pengen…nyamfah…. fah ..fah…👿:mrgreen:

  10. June 18, 2008 at 11:50 am

    @geknana
    Hohoho.. sayang bgt tuh kalo sempat merasakan nikmatny rasa nasionalisme saat piala asia lalu.

    @nyamukbingung
    okey! anda benar mister! btw,selamat atas kerja keras italia hingga mampu mengalahkan prancis! Semo dpt bertemu dgn jerman lg seperti 2006 lalu😀

    @amaliasolicha
    heeeh! ndak boleh mbak nyamfah-nyamfah di sini! Ingat global warming!
    * lho? Apa hubnganny komen nyamfah ma global warming yak??😀

  11. June 18, 2008 at 11:53 am

    Ralat komen buat geknana,
    “kalo sempat” -> “kalo gak sempat”😀

  12. awik1212
    June 21, 2008 at 6:01 am

    tadi keren amat bro… turki gila!!! DRAMATIK BANGET…. turki dah di doain sama semua umat islam sih ya? hahaha…

  13. amaliasolicha
    June 21, 2008 at 8:35 am

    tau’, apa hubungannya heh…👿:mrgreen:

  14. June 22, 2008 at 1:45 pm

    apanya yg total football?
    hidup rusia:mrgreen:

  15. June 23, 2008 at 3:58 am

    rusia… rusia.. rusia…

  16. July 1, 2008 at 11:37 am

    emosi kan tidak hanya ditinjau dari pertandingan2 nya….

  17. July 4, 2008 at 2:36 pm

    @awik1212
    hohoho.. Turki emang salah satu bintang di Euro kali ini.

    @amaliasolicha
    silakan dipikirkan.. tanya kenapaa😛

    @joesatch & amru
    rusia pun dibantai Spanyol huuu, payah!

    @yolanda
    bener tuh mbak, kesiapan tuan rumah dan fans sangat berpengaruh.

  18. August 3, 2008 at 8:23 pm

    Tahnks for posting

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: