The Smiling General

Selama seminggu ini rakyat Indonesia dibuat berkabung oleh wafatnya mantan Presiden ke-2 , Soeharto. Ribuan orang berkumpul di sekitar Karanganyar, Solo, hingga kompleks pemakaman Astana Giribangun hanya untuk memberikan penghormatan terakhir bagi “The Smiling General” ini.

Seperti yang kukutip dari pidato Mbak Tutut di pemakaman Pak Harto tentunya dengan gaya bahasaku sendiri (udah lupa detilnya,je!😀 ),

“Bapak (Soeharto) juga manusia biasa. Jika ada kebaikannya, maka kami berharap ditambahkan Allah SWT, dan jika ada kesalahannnya maka kami berharap Allah SWT mengampuninya.”

Yup, semua manusia punya kebaikan dan keburukan. Dan kedua hal itu akan tetap diingat keluarga, kerabat, dan masyarakat. Begitu pun juga dengan Pak Harto, dia memulai awal yang baik namun di akhir masa kepemimpinannya,  ia malah menjadi pesakitan.


Untuk itu aku mencoba mengingat hal-hal yang berkaitan dengan zaman “Bapak Pembangunan” Soeharto memerintah negeri ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kegiatan Nasionalisme – Kirab Remaja Indonesia
2. Slogan Olahraga – “Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat”
3. Kalo sudah besar mau jadi apa dek? – Mau jadi seperti Habibie
4. Hapalan Pelajaran SD paling menjemukan – P4 (Pedoman Penghayatan Pada Pancasila)😦
5. Tiap 30 September Malam – Nonton film G30S PKI
6. Pertanian – Keberhasilan Swasembada Pangan
7. Serial anak-anak – Si Unyil, Si Komo, Google V, Voltron, Doraemon.
8. Menteri Penerangan – Harmoko
9. TPI – Televisi Pendidikan Indonesia
10. 17 Agustus 1995 – Ulang Tahun Emas Republik Indonesia
11. Film Sinetron – Siti Nurbaya, Sengsara Membawa Nikmat.
12. Acara kuis di TV – Berpacu Dalam Melodi, Kuis Siapa Dia, Jari-jari.
13. Grup lawak terkenal – Warkop DKI, Ateng-Iskak, 4 Sekawan.
14. Film kolosal bioskop – Saur Sepuh.
15. Pesawat kebanggaan Indonesia – CN-250
16. Mobil Nasional – Timor
17. Peristiwa kerusuhan – Kerusuhan 13-14 Mei 1998, 27 Juli 1996
18. Ekonomi – Krisis moneter 1997
19. Bintang cilik – Ira Maya Sopha, Cicha Koeswoyo, Adi Bing Slamet, Dina Mariana.
20. Aktor ngganteng – Rano Karno, Sandi Nayoan, Sophan Sophiaan, Roy Marthen, dll.
21. Aktris ncantik – Nurul Arifin, Novia Kolopaking, Meriam Bellina, Chintami dan Minati Atmanegara dll.
22. Punggawa musik – Koes Plus, D’Mercy’s, Deddi Dores, Pance F Pondang, Gito Rollies, Maya Rumantir, Etti Koes Endang, Waljinah, Soendari Soekotjo dll.
23. REPELITA – Rencana Pembangunan Lima Tahun
24. Surat Ajaib – Supersemar
25. Urutan Partai – 1. PPP, 2. Golkar, 3. PDI
26. Badan Internasional – IMF
27. Petrus – Penembak Misterius.
28. TMII – Taman Mini Indonesia Indah
29. Uang Logam – Pecahan 100 dan 50 tahun 1991 yang diyakini mengandung emas.
30. Tugu Emas – Monas.

31. Silakan kalian lanjutkan sendiri..😀

  1. February 3, 2008 at 5:47 pm

    asik, comment dulu ah, mumpung masih anget.

  2. February 3, 2008 at 5:50 pm

    ada lagi:
    USD 1 = Rp 2000an

  3. February 4, 2008 at 2:23 am

    jangan lupa juga: tanjung priok!😈
    eh, kamu belum lahir ya, jon?

  4. February 4, 2008 at 2:30 am

    @yanworks
    hehehe… kapan rupiah kita jadi sebegitu stabilnya yak?😀

    @Dekisugi
    hoho… bener joe ane belum lahir.😀
    Kalo peristiwa Malari?

  5. arintaf
    February 4, 2008 at 2:31 am

    Baju Kebangsaan: Seragam KORPRI
    Hehe…

  6. February 4, 2008 at 7:00 am

    emang sesuai umur..menghayati banget kepemimpinan Soeharto..hahaha

  7. amaliasolicha
    February 4, 2008 at 1:52 pm

    Bagiku 1 kenangan dgn beliau d KANTANAS 95 (pekan tabungan nasional), wkt it scara dekat melihat wajah beliau, tak dipungkiri..Beliau memang punya kharisma..* wkt it anak sekecil aku dah ngrti kharisma?:D, wakakak..

  8. February 5, 2008 at 11:42 pm

    menurutku setelah aku pikir pikir dari denger sana sini kelemahan dari presiden shoeharto adalah kontrol pada kabinetnya kurang, yang kedua terlalu mencintai keluarganya.

  9. February 6, 2008 at 9:27 am

    ada lagi jon….. !!

    Klompencapir…

  10. February 6, 2008 at 11:17 am

    Ckckck..mengenang masa remaja yah? Hehe..wir😀

  11. February 10, 2008 at 11:38 pm

    @arintaf
    hohoho… PNS banget!

    @nyamukbingung
    yah.. paling tidak kita mengenang salah satu tokoh “perubahan” negeri ini.😀

    @amaliasolicha
    bener-bener anak kecil yang telah dewasa😛

    @saidedwin
    kontrol pada kabinet kurang, tapi kontrol pada DPR/MPR mantepp! buktinya 32 tahun tak tergantikan!

    @denbagus
    wah kayaknya true story neh yan?😀

  12. February 11, 2008 at 12:44 am

    Bakal panjang bakal panjang rupanya,

  13. February 13, 2008 at 6:37 am

    @alle
    yah… gak setua-tua amat kayak si rektor.. hehehe.. piss😛

    @rumahkayubekas
    biar gimana pun, dia tetap salah satu mantan presiden kita.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: