Home > 22 vs 1 bola, Bualan Ala Si Jon > Kalau Irak Ketiban Juara..

Kalau Irak Ketiban Juara..

Piala Asia telah berakhir. Pertandingan terakbar di Asia ini berakhir dengan memunculkan Irak sebagai juara setelah mengalahkan Arab Saudi di final 1-0.

AFC Asian Cup Logo


Para penonton dan suporter fanatik indonesia pulang ke rumah masing-masing dengan hati damai. Tidak ada rusuh dan emosi berlebihan. Perjuangan dan kerja keras luar biasa dari timnas Indonesia patut dihargai dan dibanggakan.

Lalu haruskah kita larut dari kebanggaan atas “prestasi” timnas kita kali ini? Jawabnya, tidak!

Aku sangat menyayangkan berita-berita di media-media yang selalu melebih-lebihkan kondisi minim prestasi timnas kita kali ini. Sebenarnya prestasi kita tidak ada yang berubah dari piala Asia 2004 lalu. Dari tiga kali main, kita hanya menduduki peringkat 3 dengan nilai tiga. Bahkan mungkin lebih buruk! Pasalnya, Kita bertanding di kandang sendiri! Hei media-media, mana kekritisan kalian?!

Memang lawan-lawan kita adalah Arab Saudi dan Korea Selatan yang merupakan tim-tim langganan piala dunia. Tapi, seperti kata wakil presiden, untuk apa lagi kita mengenang prestasi Indonesia ketika menahan imbang Uni Soviet pada pra-olimpiade 0-0 tahun 1956? Itu sudah lebih 50 tahun yang lalu, Bro! Apakah “prestasi” di piala Asia kali ini harus kita kenang sampai 50 tahun kemudian? Hasil “kalah-kalah tipis” dari tim-tim kelas dunia ini pun terjadi di kandang sendiri. Coba kalo di kandang mereka. Who knows?

Lalu, segenap rasa nasionalisme yang tumbuh pada rakyat kita belumlah ada apa-apanya dibanding sang juara, timnas Irak. Younes Mahmud dkk harus melalui berbagai macam rintangan, entah itu, ancaman pembunuhan, teror keluarga mereka yang mati akibat perang, ataupun kekurangan biaya perjalanan bertanding. Tidak ada satu pun dari mereka yang mengeluh soal bonus, soal keluarga, maupun persoalan-persoalan “remeh” lainnya. Mereka berjuang dengan ketulusan hati seorang manusia untuk perdamaian negerinya. Dan apakah anda tahu, bahwa Zaenal Arif digosipkan ke diskotek semalam sebelum pertandingan melawan Korea?

Dari segi penyelenggaraan pun, sebenarnya kita mengalami banyak kekecewaan mulai dari sepinya atribut-atribut turnamen, lampu stadion mati, distribusi tiket yang tidak jelas, hingga calo tiket yang merajalela.

Pujian? Hmm.. tampaknya hanya kemeriahan dan gemuruh suporter indonesia yang pantas dipuji karena telah dewasa dalam menyikapi hasil pertandingan. Namun, apakah kedewasaan ini hanya berlaku saat timnas bertanding? Bagaimana dengan di liga kita nanti? Masihkah ada rusuh?

Jangan-jangan kita ini kebalikannya orang Inggris. Jika negara ini bertanding, para hooligans (fans fanatik sepakbola Inggris) hampir selalu mengamuk di setiap negara yang mereka kunjungi. Tapi ketika liga Inggris bermain, para hooligans yang ganas itu duduk manis dan menikmati kopi hangat di stadion sambil bernyanyi lagu-lagu kebanggaan klub mereka.

Sudah cukup bergembira! Sudah cukup euforia! Mari bekerja keras! Lanjutkan perjuangan!

  1. August 2, 2007 at 1:08 pm

    wah bagus artikelnya, runtut dan berisi, cocok juga nih jadi wartawan. hehehe.
    aku turut bergembira untuk saudara2 yang ada di irak, mungkin ini bisa memulihkan mental meraka dan menjadi hadiah yang bisa sedikit mengobati ditengah2 perang yang sedang berkecamuk.

  2. amaliasolicha
    August 9, 2007 at 8:25 am

    Amel dataangg..😀

    sipp…komentar yg sm yg ad dalam lubuk hatiku…ceilee..

    iya nee, ud bela2in nonton pas lg KKN (ternyata disana ad TV je😀, alhamdulillah), tp ternyata oh ternyata banyak hal yang memalukan terjadi.. yew.. smoga kedepannya timnas indo bs lebih baik lagi.. amiin..🙂

  3. welly
    January 27, 2009 at 6:48 am

    INDONESIA

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: